Thursday, December 19, 2013

Kembang Tahu Halus



Musim hujan sangat cocok dengan minuman hangat yg terbuat dari sari jahe seperti wedang ronde ,sekoteng atau kembang tahu yg lembut dimulut dan hangat diperut,kembang tahu disamping lezat juga bergizi karena terbuat dari sari kedelai dan kuahnya juga sangat bermanfaat utk menghangatkan tubuh ,kalau tidak percaya silakan dicoba ya...
 
Kembang Tahu

Bahan
Kedelai 250 gr (direndam semalam)
Air 1000 ml
Cioko/sekau 1 sdt(larutkan dgn 5 sdm air masak)
Jahe 50 gr(geprek)
Gula aren 150 gr
Kayu manis 1 ruas jari
Daun pandan 1 lembar
Serai 1 batang(geprek)
Air kira2 700 ml(utk kuah)

Cara
Larutan sekau ditempatkan pd panci stainless/mangkok keramik
Kedelai dibuang kulitnya dgn diremas2 dan taruh dlm panci beri air kran mengalir spy kulit arinya terapung dan mudah untuk membuangnya,bilas sampai bersih.
Kemudian blender dengan air 1000ml sampai halus dan saring dgn kain kasa/ serbet bersih,ampasnya diblender lagi dgn air saringan tadi & peras kembali sampai tersisa ampasnya saja,rebus air sari kedelai sampai mendidih & buang busa yg ada kemudian tuangkan pd wadah yg berisi larutan sekau ,biarkan jangan digoyang2 supaya membeku.

Kuah
Rebus jahe,kayu manis,serai,pandan dan gula aren dengan air 700 ml sampai mendidih kalau kurang manis bisa ditambahkan gula pasir kalau sdh mendidih angkat dan saring.

Penyajiannya: ambil kembang tahu 5 sendok makan dan tuangi kuah jahenya.


1 comment :

Unknown said...

Saya dah nyoba pake sekau namun setelah dicek, koq tidak mengental, malah mengendap aja jadiny, apa ada yg salah dgn caranya ya? Apakah memang harus menggunakan wadah dari stainless kah atau gimana? Pliss infonya..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...