Wednesday, December 11, 2013

Pempek Ikan Kembung



Membuat pempek sendiri ternyata harus super sabar,apalagi ikan yang digunakan tidak memenuhi standar bahan baku pempek,karena menggunakan ikan kembung yg kecil dan berduri banyak,tapi terbayar dengan hasil akhir yg lumayan enak,kapan2 harus nyoba dengan ikan yang lebih bermutu karena pempek didaerah asalnya Palembang biasa menggunakan ikan belida,ikan gabus atau tenggiri dan hasil pempeknya lebih gurih dan penampakan lebih putih bersih dari pada menggunakan ikan yg lain.Variasi bentuk pempek juga bermacam – macam ada pempek lenjer biasa berbentuk bulat panjang spt lontong,pempek kapal selam yaitu pempek yang diisi dgn telur,pempek krupuk yg bentuknya spt krupuk uyel,pempek adaan dll.

Pempek sangat dipengaruhi oleh kuahnya atau cukonya,karena kalau cukonya kurang mantap maka tidak lezat rasa pempek keseluruhanya,membuat cuko supaya enak harus ditambahkan ebi sangrai yg dihaluskan dan gula juga dipilih yg berkwalitas misalnya gula aren.
 
Bahan
Daging ikan 300 gr
Tepung tapioka 250 gr
Terigu 3 sdm + air 50 ml(buat bubur)
Air es 50 ml
Bawang putih 2 siung
Telur 1 butir
Minyak 1 sdm
Garam 1 sdt
Gula 1 sdt

Cuko
Air 400 ml
Gula aren 150 gr
Gula pasir 2 sdm
Ebi sangrai 1 sdm
Garam 1 sdt
Bawang putih 3 siung
Cabe rawit 6 buah
Asam jawa 2 sdm
Cuka masak 1 sdm

Cara
Giling daging ikan,telur,bawang putih ,gula,garam,tapioka sebagian & air es setelah digiling halus tambahkan bubur tepung terigu aduk dan tambahkan sisa tepung tapioka uleni sebentar kemudian tambahkan minyak aduk dan bentuk sesuai selera.
Rebus pempek tsb dengan air yg diberi minyak goreng sedikit sampai mengapung dan angkat,digoreng terlebih dahulu jika akan menyajikan.

Untuk cuko:
Haluskan bawang putih + cabe rawit + ebi + garam sisihkan.
Rebus air + gula aren + gula pasir + asam aduk kemudian saring,masukkan bumbu halus dan biarkan mendidih kemudian tambahkan cuka masak aduk dan angkat.



No comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...