Saturday, September 21, 2013

Adenium/Kamboja jepang




Kamboja jepang/Adenium

Tanaman ini pernah booming sbg tanaman hias yg mahal pada th 1990 /th 2000 –an,pada waktu itu tanaman hias spt Aglaonema,Anthurium,Sansevieria,Euphorbia dan Adenium sbg tanaman yang sedang naik daun,harganya selangit.Apalagi Adenium yang mempunyai bonggol besar dan unik bentuknya  sampai mencapai jutaan rupiah ,seiring berjalannya waktu nasib tanaman hias sekarang mulai lesu dan kurang diminati lagi spt tahun2 pada masa kejayaanya.

Adenium sekarang bisa kita peroleh dengan harga miring yaitu 10 ribu rupiah sdh mendapatkan adenium yang berwarna bagus dan dengan ukuran lumayan besar,dulu satu pot kecil adenium bisa mencapai 30 ribu rupiah sedangkan adenium yg berwarna kuning dan putih masih sangat mahal.

Menanam adenium dengan stek atau dengan biji,tapi kalau ingin menghasilkan bonggol yg bisa dibentuk lebih disarankan menanam dgn biji.Untuk perawatan tanaman ini sangat mudah dan tdk membutuhkan penanganan yg khusus,tapi yg harus diperhatikan bahwa tanaman ini tidak suka air terlalu banyak malahan condong lebih suka kering.

Semoga lambat tapi pasti tanaman hias bisa naik daun dan harganya lebih tinggi lagi,sehingga para pedagang tanaman hias tambah bergairah.

No comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...